Rapat Penyusunan Laporan Kinerja LKjIP dan Penyusunan Laporan penyelenggaraan Pemerintah Daerah LPPD tahun 2018

Rapat Penyusunan Laporan Kinerja LKjIP dan Penyusunan Laporan penyelenggaraan Pemerintah Daerah LPPD tahun 2018 yang di selenggarakan pada tanggal 19 Pebruari 2019, yang bertempat di ruang Kepala Badan.

 

Kegiatan Rapat

Pelaksanaan Apel Pagi dan Penyerahan SK PPTK

Pelaksanaan Apel Pagi dan Penyerahan SK PPTK BALITBANGDA Hari Senin Tanggal 28 Januari 2019

Penyerahan SK

Apel Pagi

Serah terima jabatan di Lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara

Serah terima jabatan di Lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, bertempat di gedung serba guna balitbangda lantai 4 pada tanggal 15 Januari 2019

 

 

Seminar Kegiatan Identifikasi Tingkat Kerusakan Hutan Mangrove Untuk Perencanaan Reboisasi Pada Delta Mahakam

Seminar Hasil Kegiatan Identifikasi Tingkat Kerusakan Hutan Mangrove Untuk Perencanaan Reboisasi Pada Delta Mahakam di Kabupaten Kutai Kartanegara, 27 Desember 2018 di Aula Rapat Balitbangda

Kepala Badan

Peserta Seminar Hasil

Rapat Tim Teknis Kabupaten Kutai Kartanegara dan Tim BEKIAS (Bebaya Etam Kuatkan Kinerja Aparatur Sipil) Balitbangda Kabupaten Kutai Kartanegara

Tim Teknis Kabupaten Kutai Kartanegara dan Tim BEKIAS Balitbangda Kabupaten Kutai Kartanegara

Rapat Tim Teknis Kabupaten Kutai Kartanegara dan Tim BEKIAS (Bebaya Etam Kuatkan Kinerja Aparatur Sipil) Balitbangda Kabupaten Kutai Kartanegara di aula rapat Balitbangda Kabupaten Kutai Kartanegara 11 Desember 2018 tentang pemantapan kertas kerja dan proposal untuk diikutkan lomba gelaran inovasi tahun 2019

Tim Teknis Kabupaten Kutai Kartanegara dan Tim BEKIAS Balitbangda Kabupaten Kutai Kartanegara

Tim Teknis Kabupaten Kutai Kartanegara dan Tim BEKIAS Balitbangda Kabupaten Kutai Kartanegara

Peringatan Maulud Nabi Besar Muhammad SAW.

Plt. Sekretaris Balitbangda

Peringatan Maulud Nabi Besar Muhammad SAW., yang dilaksanakan di Aula Balitbangda Kabupaten Kutai Kartanegara pada hari Senin 10 Desember 2018 diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudari Utfiah dan sari tilawah Dewi Endah Saputri kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Balitbangda Kabupaten Kutai Kartanegara yang diwakili oleh Plt. Sekretaris DR. Ir. H. Sayid Syarief Fathillah, MP., kemudian penceramah diisi oleh Ustadz Muhammad Ghufron ( Pembina Majelis Ta’lim Taufiqul Amin ).

Pembacaan Ayat Suci Al-Quran dan Sari Tilawah

Isi ceramah beliau mengatakan, hendaknya kita meniru akhlak Nabi Muhammad SAW. dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dalam kehidupan keluarga maupun bermasyarakat.

Kabar Fokus Grup Diskusi

fgd

fgd

Tenggarong, Pesta adat dilaksanakan pada setiap tahunnya di Tenggarong yang disebut Erau mempunyai arti sebagai keramaian yang sangat meriah. Erau dianggap sebagai puncaknya pesta adat yang tentunya tinggi nilainya di Kutai Kartanegara, pada saaat ini Kegiatan Erau adat di  kolaborasikan dengan EIFAF. Sudah barang tentu pesta budaya Erau ini harus dimanfaatkan tidak hanya untuk melestarikan seni dan budaya tetapi juga  sebagai sarana meningkatkan ekonomi masyarakat. Melihat perkembangan erau beberapa waktu ini menimbulkan keprihatinan tersendiri dimana ketika pelaksanaan Erau terlihat sangat meriah yang terlihat benyaknya pengunjung berdatangan pada erau tersebut tetapi begitu kegiatan Erau selesai Tenggarong seolah seperti kota mati, penomena ini perlu menjadi pemikiran kita bersama agar semarak kegiatan erau bisa terus dirasakan paska kegiatan erau yang ditandai dengan banyaknya kunjungan ke Kutai Kartanegara khususnya Tenggarong, dengan diadakannya Fokus Grup Diskusi (FGD) ini diharapkan dapat mengolah masukan pemikiran dari peserta FGD sehingga menghasilkan sebuah rekomendasi untuk dasar pengambilan kebijakan agar kegiatan Erau kedepan jadi lebih baik dan paska erau  jumlah kunjungan wisatan ke Kutai kartanegara jadi lebih meningkat dan dampaknya akan meningkatkan ekonomi masyarakat, hal ini ungkapkan oleh Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Kabupaten kutai Kartanegara Bapak H. Chairil Anwar, SH.,M.Hum pada acara Fokus Grup diskusi di Balitbangda pada Hari Rabu, tanggal 28 Nopember 2018 yang lalu, sementara itu Kepala Badan penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Bapak Ir. H. Akhmad Hardi Dwi putra mengatakan bahwa Kegiatan FGD dengan tema “Bena Benua Etam melalui pelaksanaan Erau/EIFAF dalam rangka turut serta mendukung Pelestarian Budaya dan peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten kutai Kartanegara”.  ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi, masukan dan saran  para peserta diskusi  dari OPD terkait, Akademisi, Perbangkan dan pedagang agar menghasilkan sebuah rekomendasi yang dapat dijadikan dasar bagi pengambilan kebijakan Pemerintah Daerah  khususnya tentang kegiatan Erau. (nrm)

 

 

Kunjungan Kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Propinsi Jawa Barat dan Diskusi Tentang Pelaksanaan TPP di Kabupaten Kutai Kartanegara

Kunjungan kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Propinsi Jawa Barat ke Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara dan diskusi tentang pelaksanaan TPP di Kabupaten Kutai Kartanegara pada hari Jum’at tanggal 30 Nopember 2018.

Penyerahan Buletin Balitbangda

Rapat Diskusi

Balitbangda Kabupaten Kutai Kartanegara dan Balitbangda Propinsi Jawa Barat

Sosialisasi

Koordinasi dan Sosialisasi Keberadaan Profesor Riset dan Konsep Wilayah Perbatasan

Tenggarong, Kalimantan terbagi atas beberapa propinsi, yang tiga diantaranya berbatasan langsung dengan negara Tetangga Malaysia, Daerah perbatasan tersebut meliputi wilayah darat dan laut, perbatasan merupakan beranda terdepan dari suatu negara, Daerah perbatasan semestinya harus lah dikelola dengan baik, karena merupakan cerminan suatu negara, jika wilayah perbatasan tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan permasalahan tersendiri seperti permasalahan  mata uang yang beredar diwilayah perbatasan tersebut. Biasanya peredaran mata uangdiwilayah perbatasan negara cendrung menggunakan mata uang Negara tetangga yang wilayahnya lebih terkelola dan maju.

Sosialisasi

Sosialisasi

Kutai Kartanegara tidak mempunyai wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga akan tetapi akan lebih baik jika memiliki wawasan tentang konsep perbatasan suatu wilayah. baik konsep perbatasan antar negara, antar Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa bahkan perbatasan setingkat RT. Pada kegiatan Koordinasi dan sosialisasi keberadaan Profesor Riset dan konsep wilayah perbatasan ini  diharapkan kita mendapatkan pencerahan tentang konsep perbatasan tersebut. disamping itu juga, kita perlu mendapatkan informasi pemaparan mengenai keberadaan profesor Riset yang juga disampaikan oleh adalah Bapak Prof.Dr. H. Syachrumsyah Asri, SH.,M.Si.,APU, Beliau merupakan Profesor Riset Pertama di Kalimantan timur ini, Dari pemaparan tersebut semoga kita mendapatkan pengetahuan tentang perbatasan dan termotivasi dari perjalanan karir beliau hingga mendapatkan gelar Profesor Riset, sebagaimana  disampaikan oleh Kepala Balitbangda Kutai Kartanegara Ir. H. Akhmad Hardi Dwi Putra   dalam sambutannya  pada acara Kegiatan Koordinasi dan sosialisasi keberadaan Profesor Riset dan konsep wilayah perbatasan beberapa waktu lalu. (nrm)

Sosialisasi SPIP

Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Pendampingan Manajemen Risiko (Identifikasi dan Analisis Risiko)

Sosialisasi SPIP

Sosialisasi SPIP

Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Pendampingan Manajemen Risiko (Identifikasi dan Analisis Risiko) yang dilaksanakan tanggal 25 September 2018 di ruang rapat Balitbangda.

Undang – undang di bidang keuangan negara membawa implikasi perlunya sistem pengelolaan keuangan negara yang lebih akuntabel dan transparan. Hal tersebut baru dapat dicapai jika seluruh tingkat pimpinan menyelenggarakan kegiatan pengendalian atas keseluruhan kegiatan di instansi masing-masing.

Sosialisasi SPIP

Sosialisasi SPIP

Perkembangan pengendalian intern di Indonesia selanjutnya ditandai dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Untuk melaksanakan SPIP secara operasional ditingkat Kabupaten Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah menyusun Peraturan Bupati Nomor 7 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan SPIP diharapkan akan meningkatkan efektivitas pengendalian dalam membantu tercapainya tujuan dengan mengenali risiko yang dihadapi dalam pencapaian tujuan tiap kegiatan di perangkat daerah dan dapat membuat tiap kegiatan memiliki :

  1. Keputusan yang lebih efektif
  2. Efektivitas dalam pelaksanaan program-program atau kegiatan
  3. Efektivitas pengalokasian dan penggunaan sumber daya
  4. Standar yang tinggi dalam pelayanan
  5. Standar yang tinggi dalam akuntabilitas
  6. Kreativitas dan inovasi dalam praktik manajemen
  7. Peningkatan kapasitas
  8. Peningkatan moral organisasi, dan
  9. Transparansi

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Badan, Kepala Bidang, Kepala Sub Bidang, Kepala Sub Bagian dan PPTK di Lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara dengan narasumber E. M. Riduan Thalha, SE. ( Aparatur Pengawas Intern Pemerintah) dari Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara.