SEMINAR HASIL SUB. KEGIATAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN BIDANG ASPEK – ASPEK SOSIAL (KAJIAN TERHADAP SUMBER DAYA ARKEOLOGIS DI DESA JEMBAYAN)

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara mengadakan acara Seminar Hasil Sub. Kegiatan Penelitian Dan Pengembangan Bidang Aspek – Aspek Sosial (Kajian Terhadap Sumber Daya Arkeologis di Desa Jembayan). Acara tersebut dilaksanakan pada hari selasa 01 Nopember 2022 yang bertempat di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kutai Kartanegara.

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara melakukan kerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Kalimantan Timur. Kajian tersebut bermaksud untuk menganalisis data-data arkologis , mengungkapkan kesejarahan Kerajaan Kutai Kartanegara di Jembayan dan menjelaskan sejarah serta merekonstruksi pusat pemerintahan atau pemukiman yang ada di Jembayan pada masa Kerajaan Kutai Katanegara pada abad XVIII M.

Kesimpulan dari penelitian tersebut bahwa Pusat Pemerintahan Kerajaan Kutai Kartanegara pada masa Pangeran Aji Anum Mendapa ( 1730-1732) dipindahkan dari Kutai Lama ke Jembayan, pemindahan tersebut berdasarkan faktor keamaan dan lokasi pemilihannya berada di area sebelah barat makam pangeran Aji Anum Mendapa yang sekarang di antara Sungai Pemarangan dan anak sungainya. dengan bukti temuan tiang-tiang ulin berdiameter cukup besar, seperti bangunan perumahan para bangsawan berupa rumah panggung. Maka dari itu perlu adanya kajian lanjutan untuk menindak lanjuti kajian dengan Teknik observasi yang lebih mendalam dan perlu dilakukan pencarian data melalui metode penggalian arkeologis (ekskavasi).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × three =