SEMINAR HASIL FASILITASI LANJUTAN PEMUTIHAN PADI LOKAL SEBAGAI PLASMA NUTFAH DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

TENGGARONG – Badan Penelitan dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara menyelenggarakan Seminar Hasil  Fasilitasi Lanjutan Pemutihan Padi Lokal Sebagai Plasma Nutfah Di Kabupaten Kutai Kartanegara  pada hari Senin 07 Desember 2020 yang bertempat di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara.

Padi lokal di Provinsi Kalimantan Timur, Khususnya di Kabupaten Kutaikartanegara, sangat melimpah, hal ini karena sebagian besar petani yang membudidayakan padi khususnya padi gogo/padi lading menggunakan varietas lokal. Keanegaragaman ini perlu dilestarikan agar tidak punah, karena dari varietas tersebut memiliki keunggulan dalam hal kualitas terutama rasa, aroma dan ketahanan terhadap hama penyakit serta telah beradaptasi pada kondisi setempat. Varietas lokal yang mempunyai nilai ekonomis tinggi perlu dilakukan pemutihan dengan sistem pemurnian varietas.

Maka disimpulkan dari hasil pengamatan terhadapat sifat-sifat agronomi terdapat keragaman karakter, dan juga pengembangan kultivar padi lokal perlu terus digalakan dalam rangka usaha untuk meningkatkan hasil dan pelestarian plasma nutfah, terutama kepada masyarakat yang membudidayakan kultivar-kultivar padi lokal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + one =