SEMINAR HASIL KEGIATAN KAJIAN NILAI TUKAR PETANI (NTP) LINGKUP PERTANIAN DAN PERIKANAN DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Badan Penelitan dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara menyelenggarakan Seminar Hasil  Seminar Hasil Kegiatan Kajian Nilai Tukar Petani (NTP) Lingkup Pertanian Dan Perikanan Di Kabupaten Kutai Kartanegara  pada hari Senin 02 Desember 2020 yang bertempat di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara.

Menurut Kementrian Petanian (2019) Nilai Tukar Petani (NTP) merupakan angka perbandingan antara indeks harga yang diterima dengan indeks harga yang dibayar petani dan dinyatakan dalam persentase, sehingga NTP dapat menggambarkan tingkat daya beli untuk memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga dan usaha taninya. Manfaat dari NTP untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat tani sehingga dapat bermanfaat bagi petani dan nelayan atau masyarakat yang berusaha dibidang tersebut.

Faktor yang sangat dominan untuk meningkatkan NTP kabupaten Kutai Kartanegara adalah peningkatan indeks yang di terima petani. Disamping itu, faktor dominan yang menurunkan NTP kukar adalah pola konsumsi rumah tangga petani (seperti makanan jadi dan rokok).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 4 =