SEMINAR KAJIAN INOVATIF PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN USAHA MASYARAKAT DALAM RANGKA MENDUKUNG REVOLUSI JAGUNG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Balitbangda – Pada tanggal 10 Desember 2019 Balitbangda mengadakan Seminar “Kajian Inovatif Pengembangan Kelembagaan Usaha Masyarakat Dalam Rangka Mendukung Revolusi Jagung Kabupaten Kutai Kartanegara”. Seminar dibuka oleh Kepala Badan Balitbangda.

Kajian ini dilatar belakangi bahwa Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjadikan komoditas jagung sebagai salah satu komoditas ungul daerah. Seminar ini menyampaikan bahwa pada lokasi penelitian terdapat beberapa kelembagaan yang terkait dengan usahatani jagung di Kabupaten Kutai Kartanegara mulai hulu sampai dengan hilir di antaranya adalah APJI, KTNA, BPP, UPT Dinas Pertanian dan peternakan dan lainnya, selain itu lembaga ini juga berperan memfasilitasi petani dalam pemasaran dan penyediaan akses, memperoleh input produksi, pemasaran atau penjualan,pemberian bantuan input,menampung atau membeli hasil panen jagung dan penyediaan sumber – sumber permodalan.

Masalah – masalah yang menjadi hambatan bagi kelembagaan dalam mendukung program revolusi jagung berbeda – beda, secara umum diantaranya adalah pengurus kurang memperoleh peningkatan kapasitas, pengelolaan atau manajemen yang belum baik, dan keterbatasan sarana – prasarana penunjang. Semoga dengan adanya seminar ini bisa meningkatkan pengembangan usaha masyarakat dengan lebih baik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 3 =