SEMINAR KAJIAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DI SEKITAR DAN DI DALAM RENCANA KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA MUARA SIRAN KAB. KUTAI KARTANEGARA

Balitbangda – 05 Desember 2019, Melaksanakan Seminar Kajian Sosial Budaya Masyarakat Di Sekitar Dan Di Dalam Rencana Kawasan Taman Hutan Raya Muara Siran Kab. Kutai Kartanegara. Seminar ini dibuka oleh Kepala Badan Balitbangda. Seminar ini pun menyampaikan bahwa Kearifan lokal dalam pemanfaatan dan pengelolaan SDA yang meliputi sumberdaya perairan dan sumberdaya hutan dimanfaaatkan oleh penduduk setempat dan di lakukan dengan memperhatikan siklus alami, secara ilmiah dan berdasarkan tradisi setempat.

Pada acara seminar tersebut juga menyampaikan Keberadaan Lembaga lokal di semua desa cukup banyak dan juga pada umumnya cukup aktif dan juga ada sejumlah perusahaan yang berpoerasi di sekitar desa tersebut. Di kalangan masyarakat keberadaan adat istiadat masyarakat setempat telah dijalankan baik secara komunal maupun secara kekeluargaan, praktek adat istiadat ini dikembangkan untuk menambah daya tarik wisata alami sekitar calon lokasi Tahura Muara Siran.

Persepsi Masyarakat dan Pemerintah setempat pada dasarnya mereka tidak keberatan, karena semua program Pemerintah adalah untuk mensejahterakan masyarakat, asal saja dengan adanya tahura, lahan sumber penghidupan masyarakat setempat tidak dikuasai oleh pihak lain dan program tahura ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat selama ini, kendati dalam sekala terbatas dilakukan oleh lembaga lembaga lokal yang ada didesa seperti LPM dan LPKK. Disamping itu juga ada kegiatan pemberdayaan masyarakat dari luar seperti BIOMA,PROKLIM dan lainnya. Selain itu juga perlunya sosialisasi yang memadai frekuensinya agar fungsi tahura dan pembagian blok-blok pengelolaan agar melibatkan masyarakat atau warga sekitar sejak awal dengan mempersiapkan program dan mengatur kerja sama yang harmonis.

Selain itu perlu juga strategi dan kebijakan untuk meningkatkan peran masyarakat agar sosialisasi nya bisa secara menyeluruh , perlibatan pemerintah sekitar juga sangan penting dalam rencana kawasan tahura muara siran dan  juga mobilisasi keterlibatan para pihak dalam rencana tahura.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 20 =