PRA SEMINAR HASIL KAJIAN PENELUSURAN SEJARAH KERAJAAN KUTAI MULAWARMAN

Balitbangda – Pada Tahun Anggaran 2019, salah satu kajian yang dilakukan oleh Balitbangda adalah Kajian Penelusuran Sejarah Kerajaan Kutai Mulawarman dengan tema “ Peradaban DAS Mahakam Era Kerajaan Kutai Martapura dan Kesinambungan Sejarahnya”.

Untuk menyempurnakan hasil kajian maka dilakukan pra seminar yang dilaksanakan pada tanggal 02 Desember 2019. Pelaksanaan kajian ini menyatakan bahwa wilayah Muara Kaman berpotensi memiliki peninggalan tekstual, aftefaktual, ekofaktual dan oral, yang berguna untuk menyingkapkan kesejarahan Kutai Muara Kaman (acap disebut juga “ Kutai Martapura”) lintas masa dan ragam aspek kehidupan masa lalu.

Atas dasar potensinya itulah Muara Kaman beralasan dijadikan “prioritas” riset historis-arkeologis. Disamping itu posisi Muara Kaman yang terletak di sub-DAS Tengah Mahakam dan sekaligus di areal percabangang makaham dengan Kedang Rantau maupun Kedang Kepala menjadikan areal riset di Muara Kaman sebagai areal “mula riset”, yang nantinya diperluas kea rah sub-DAS hulu dan sub-DAS Hilir Mahakam. Demikian panjang aliran Mahakam dan banyak situs di DAS-nya membutuhkan “Riset Sejarah peradaban DAS Mahakam’ itu perlu dilakukan secara bertahap berlanjutan. Diharapkan dari hasil pra seminar ini dapat menyempurnakan hasil kajian ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − one =