STUDI PELAKSANAAN MUSRENBANG SEBAGAI PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN PARTISIPATIF DI KABUPATEN

KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK

Tujuan dan sasaran kajian sesuai dengan latar belakang dan rumusan masalah diatas, maka tujuan kajian ini adalah 1). Mendeskripsikan proses perencanaan pembangunan partisipatif (input, proses, dan output) dalam pelaksanaan musrenbang Kecamatan di Kutai Kartanegara dengan mengacu pada panduan pelaksanaan musrembang kecamatan yang ada, sebagai bahan evaluasi bagi kinerja pelaksanaan Musrenbang kecamatan 2). Mengkaji hasil Musrenbang kecamatan sebagai bahan usulan rencana kegiatan pembangunan desa pada Musrenbang Kabupaten sebagai keputusan kolektif oleh seluruh pemangku kepentingan 3). Mengidentifikasi tingkat pengaruh dan kepentingan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam pelaksanaan musrembang kecamatan.

Sasaran studi pelaksanaan musrembang rencana pembangunan di kecamatan dalam penyusunan perencanaan pembangunan partisipatif di Kabupaten Kutai Kartanegara adalah a). Tersusunnya dokumen studi pelaksanaan perencanaan pembangunan partisipatif dalam kegiatan musrenbang Kecamatan di Kutai Kartanegara B). Bahan Kebijakan didalam penetapan model perencanaan pembangunan partisipatif dalam pelaksanaan musrenbang kecamatan di Kutai Kartanegara.

Studi pelaksanaan musrembang kecamatanakan dilaksanakan selama delapan (8) bulan terhitung sejak bulan Maret sampai Oktober 2013, sejak penyusunan Term of Reference (TOR dan proposal kajian sampai seminar akhir. Kajian dilaksanakan di sepuluh (10) kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, antara lain Kecamatan Kota Bangun, Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Kenohan, Kecamatan Sanga-Sanga, Kecamatan Kembang Janggut, Kecamatan Muara Badak, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kecamatan Samboja, Kecamatan Sebulu, Kecamatan Anggana, Kecamatan Muara Wis.

Dengan teknik pengumpulan data dalam kajian ini dilakukan melalui tiga cara yaitu ( wawancara, observasi dan dokuemntasi dengan uraian masing-masing teknik.