PENELITIAN TINGKAT PARTISIPASI REMAJA SEBAGAI PEMILIH POMULA PADA PELAKSANAAN PEMILIHAN GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2013 DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK


Tujuan PenelitianKonsisten dengan permasalahan yang telah dirumuskan, penelitian ini memiliki dua tujuan pokok: (1)  Untuk mendapatkan deskripsi mengenai prilaku pemilih pemula pada pemilihan gubernur Kalimantan Timur 2013 di Kabupaten Kutai Kartanegara, dan (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarinya.

Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam tradisi kuantitatif, terdapat dua pendekatan: kuantitatif deskriptif dan kuantitatif inferensial. Penelitian mengenai ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.

Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara yang berumur 17-24 tahun yang memiliki hak pilih dalam mengikuti pemlihan Gubernur Kalimantan Timur 2013 yang berdasarkan catatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Kutai Kartanegara  berjumlah 151.884 pemilih per Maret 2012.  Populasi tersebut tersebar di 18 Kecamatan.