KAJIAN TENTANG METODE DA’WAH PANGERAN NOTO IGOMO DI KUTAI KARTANEGRA

ABSTRAK



Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui; 1). Metode-metode  yg digunakan Pangeran Noto Igomo dalam menyebarkan Agama Islam di Kutai Kartanegara, 2). Hal-hal  yang didakwahkan oleh Pangeran Noto Igomo, 3). Metode da’wah yang dilakukan Pangeran Noto Igomo dalam penyebaran Agama Islam di Kutai Kartanegara, 4). Alasan-alasan Pangeran Noto Igoma melaksanakan metode dakwah seperti itu.

Ringkasnya, pengumpulan data dilakukan dengan cara sebagai berikut; 1). Observasi, yaitu suatu teknik pengumpulan data dan informasi yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap  pemahaman keislaman dilokasi penelitian. 2). Wawancara  secara langsung dengan pihak yang berkompeten terhadap masalah yang diteliti. 3). Studi literatur, yaitu mengumpulkan data dengan mempelajari, menelaah dan menganalisa literatur, dokumen, peraturan serta referensi lainnya yang erat kaitannya dengan masalah yang diteliti.

Tujuan khusus penelitian ini yaitu memberikan gambaran tentang metode da’wah yang digunakan oleh Pangeran Noto Igomo dalam menyebarkan agama Islam di Kutai Kartanegara. Penelitian ini sebagai model pengukuran seberapa jauh peran dan kontribusi ulama dalam penyeimbang kebijakan pemerintah menuju pemerintahan yang baik.