KAJIAN POTENSI BAHAN PESTISIDA NABATI DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang potensi tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai bahan baku yang dapat digunakan untuk pembuatan  pestisida nabati danmenemukan peran dan fungsi tumbuhan tersebut dalam pengendalikan dan mengatasi keberadaan hama dan penyakit pada berbagai tanaman sehingga diharapkan dapat memberikan alternatif pestisida nabati yang dapat dimanfaatkan petani dalam pengendalaian hama dan penyakit  tanaman di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Data dikumpulkan melalui triangulasi yaitu melalui kuesioner, indepth interview (wawancara), dan observasi lapangan serta ditunjang dengan studi pustaka yang terkait dengan topik atau permasalahan yang telah dirumuskan dalam penelitian ini.

Kuisioner, dilakukan melalui penyebaran angket atau daftar pertanyaan yang tersedia relevan dengan masalah yang diteliti. Kuisioner dimaksudkan untuk memperoleh data yang objektif terkait dengan identifikasi potensi bahan baku pestisida nabati yang ada di wilayah penelitian, wawancara mendalam (indepth interview) yaitu mengumpulkan data dan informasi dengan melakukan wawancara secara langsung berdasarkan pedoman yang telah disusun terkait masalah yang diteliti.

Penelitian ini akan dilaksanakan di 5 (lima) kecamatan, yaitu Kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, Tenggarong Seberang, Samboja, dan Kota Bangun. Penetapan lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) pada 5 Kecamatan tersebut dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut 1). Secara geografis, merupakan representasi wilayah pantai, tengah dan hulu Kabupaten Kutai Kartanegara, 2). Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian utama sebagai petani atau berusaha disektor pertanian, baik tanaman pangan dan hortikultura maupun perkebunan.

Waktu penelitian akan dilaksanakan sejak bulan April 2013 sampai dengan bulan Oktober 2013, terhitung sejak penyusunan proposal penelitian sampai penyusunan draft laporan penelitian, seminar  dan revisi (finalisasi) laporan penelitian.