KAJIAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menelaah kondisi aktual pendapatan ekonomi masyarakat dan bagaimana mengatasi pengangguran di Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan ini harus menghasilkan dokumen yang diperlukan untuk pembangunan ekonomi masyarakat  yang berkelanjutan.

Adapun maksudPelaksanaan Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh data dan informasi aktual faktor yang mempengaruhi pengangguran di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Secara khusus tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut 1). Mengkaji kepekaan/ elastisitas variabel Pendapatan Perkapita Dengan Migas terhadap Pengangguran; 2). Mengkaji kepekaan/ elastisitas variabel Realisasi Belanja APBD terhadap Pengangguran; 3). Mengkaji kepekaan/ elastisitas Upah Minimum Kabupaten terhadap Pengangguran; 4).Mengkaji kepekaan/ elastisitas Jumlah Penduduk terhadap Pengangguran. Lingkup wilayah studi adalah wilayah Kabupten kutai Kartanegara yang terdiri dari 18 kecamatan sebagai wilayah studi. Dari 18 kecamatan yang masuk wilayah administrasi Kabupaten Kutai Kartanegara, ditetapkan 12 kecamatan sebagai wilayah studi yaitu: (1) Kecamatan Muara Badak, (2) Samboja, (3) Muara Jawa, (4) Marang Kayu, (5) Loa Janan, (6) Loa Kulu, (7) Tenggarong, (8) Tenggarong Seberang, (9) Sebulu, (10) Kota Bangun, (11) kenohan, dan (12) Kembang Janggut.Dengan teknik pengumpulan data dalam kajian ini dilakukan melalui tiga cara yaitu (1) wawancara, observasi dan dokuemntasi dengan uraian masing-masing teknik.