KAJIAN PEMANFAATAN JERAMI PADI PADA USAHA TERNAK SAPI  BALI DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK


Tujuan Penelitiankajian ini adalah sebagai berikut untuk 1) mengetahui rata-rata bobot badan sapi Bali di Kutai Kartanegara, 2) mengetahui pengaruh pemberian pakan jerami padi pada sapi Bali terhadap pertambahan bobot badan, 3) mengetahui perbedaan rata-rata pertambahan bobot badan sapi Bali yang diberi pakan jerami padi dengan sapi Bali yang diberi pakan rumput segar serta 4) Mengetahui keuntungan usaha ternak sapi potong.

Penelitian dilaksanakan di Bagian Ekonomi dan Keuangan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara selama 6 (enam) bulan mulai bulan April s/d Oktober 2013. Lokasi penelitian antara lain kecamatan Loa Janan, Loa Kulu, Kota Bangun, Muara Badak, Marang Kayu, Anggana, Sebulu, Tenggarong Seberang.

Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dan sekunder diperoleh dengan cara sebagai berikut:

  1. Data primer diperoleh dari wawancara secara langsung dengan responden yang telah ditetapkan secara proporsional yang dibantu dengan daftar pertanyaan;
  2. Data primer berupa data vital sapi Bali diperoleh dari hasil pengukuran lingkar dada sapi Bali
  3. Data skunder yang diperlukan, seperti data populasi sapi potong, usaha tani ternak sapi potong yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik, serta data penunjang lainnya yang diperoleh dari desa/kelurahan, Kecamatan dan instansi maupun lembaga terkait di tingkat Propinsi maupun Kabupaten.