KAJIAN PEMANFAATAN ARUS BAWAH SUNGAI MAHAKAM SEBGAI ENERGI LISTRIK ALTERNATIF YANG RAMAH LINGKUNGAN

ABSTRAK

Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan adalah; 1). Mengetahui pemanfaatan sumberdaya energi terbarukan setempat untuk memenuhi kebutuhan energi listrik masyarakat. 2). Memberikan solusi Energi Listrik Alternatif Yang Ramah Lingkungan dengan menggunakan Arus Bawah Sungai. 3). Melaksanakan alih teknologi sistem Arus Bawah Sungai termasuk pemberdayaan sumberdaya manusia setempat dalam pengelolaan guna kelangsungan operasi sistem pembangkit listrik.

Didalam melakukan observasi, kami menggunakan dua metode analisis dengan metode univariat dan metode bivariat. Pada saat observasi umum metode yang digunakan adalah metode analisis univariat dimana dalam satu kecamatan sudah kami tentukan titik kordinatnya berdasarkan pola bentukan sungai pada peta satelit, sedangkat saat pengujian Model Pembangkit kami melakukan metode analisis bivariat dimana saat pengujian dibutuhkan sebuah nilai rata-rata yang nantinya dijadikan acuan maksimum dan minimum sebuah pengukuran. Variabel data yang diambil adalah dari pola interval saat pengukuran, sehingga dari variabel yang terbentuk akan dijumlahkan dan dibagi jumlah interval waktu pengukuran, maka akan dihasilkan angka rata-rata dari sebuah pengukuran.

Berdasarkan proses klasifikasi data survey terdapat 3 titik lokasi yang kami pertimbangkan untuk dilakukan pengujian model, dimana masing masing memiliki karakteristik alur sungai yang sesuai dengan alat yang akan diujikan. Meski alat atau model pembangkit ini bersifat bergerak bisa dipindah-pindah namun ada beberapa aspek non teknis juga yang perlu kita perhatikan, salah satunya adalah jarak tempuh dengan lokasi pembuatan model serta keamanan dari lokasi penelitian tersebut dilakukan, sedangkat aspek teknisnya adalah guna mempermudah akses pengujian, pada saat proses mobilisasi alat kelokasi maupun pada saat Droping down model ke sungai.