KAJIAN IMPLEMENTASI UU NO.36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN TERHADAP PEMENUHAN LAYANAN KESEHATAN DI KABUPATEN

KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK

Tujuan UmumUntuk memperoleh data dan informasi tentang implementasi UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan terhadap pemenuhan layanan kesehatan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Tujuan Khusus 1).Diperoleh informasi tentang keterlibatan dan tanggung jawab pemerintah dalam pemenuhan layanan kesehatan pada masyarakat sesuai UU Nomor 36 Tahun 2009. 2). Diperoleh informasi tentang hambatan dan harapan instansi pemerintah dalam pemenuhan layanan kesehatan pada masyarakat sesuai UU Nomor 36 Tahun 2009. 3). Diperoleh data dan informasi tentang layanan kesehatan yang diterima oleh masyarakat sesuai UU Nomor 36 Tahun 2009. 4). Diperoleh informasi tentang harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pengumpulan dan Pengolahan Data 1).Data Primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan responden dengan menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara pada pimpinan instansi terkait, 2).Data sekunder diperoleh melalui bagian pencatatan dan      pelaporan puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dengan Populasi Adalah pasien/masyarakat yang datang berobat ke puskesmas di Kabupaten Kutai Kartanegara saat penelitian dilakukan dan Sampel adalah pasien/masyarakat yang datang berobat ke puskesmas di Kabupaten Kutai Kartanegara.Penentuan besar dan pengambilan sampel secara Quota Sampling sebanyak 100 orang dengan teknik Accidental Sampling.

Lingkup penelitian adalah Kabupaten Kutai Kartanegara namun lokasi sampel penelitian pada 9 kecamatan yaitu Kecamatan Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Loa Janan, Anggana, Samboja, Sanga-Sanga, Kota Bangun, Kenohan, dan Muara Muntai. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 (enam) bulan dimulai dari bulan Maret hingga September 2013.