KAJIAN IMPLEMENTASI SK BUPATI KUTAI KARTANEGARA NOMOR 180/HK-537/2001 TENTANG PELIMPAHAN SEBAGAI KEWENANGAN BUPATI KEPADA CAMAT DI DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK

Tujuan yang akan dicapai melalui penelitian ini A). Untuk mendapatkan data/informasi mengenai tingkat efektifitas pemerintah kecamatan dalam mengimplementasikan sebagian kewenangan bupati yang dilimpahkan kepadanya, B).Untuk mendapatkan data/informasi mengenai kewenangan yang efektif dilaksanakan oleh pemerintah kecamatan, C).Untuk mendapatkan informasi/data mengenai kendala-kendala pemerintah kecamatan dalam mengimplementasikan sebagian kewenangan bupati yang telah dilimpahkan kepadanya.

Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder.Data primer dijaring dengan penyebaran kuesioner yang dipadu dengan indepth interview.Sedangkan data sekunder bersumber dari dokumen, data statistik dan naskah-naskah yang telah tersedia dalam lembaga atau instansi yang berhubungan dengan penelitian ini.

Populasi dalam penelitian ini adalah aparatur pemerintah kecamatan Kabupaten Kutai Kartanegara. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan cluster sampling, yaitu pengambilan sampel yang digunakan untuk memilih sampel yang berupa kluster/kelompok/gerombol dari beberapa kelompok dalam populasi dimana setiap kelompok terdiri atas unit atau elemen yang lebih kecil. Penentuan kluster didasarkan pada kriteria zonasi pembangunan di Kukar yaitu zona pantai, zona tengah, dan zona hulu. Kemudian dipilih 3 kecamatan yang mewakili ketiga zona tersebut dengan kriteria kecamatan terdekat, sedang, dan terjauh dari Ibu Kota Kabupaten ( Kota Bangun, MuarSetelah ditentukan dengan cluster, selanjutnya sampel ditentuk secara purposive, yaitu Camat dan Kasi Pemerintahan.