KAJIAN MANAJEMEN REKLAMASI TAMBANG DALAM PENGEMBANGAN USAHA LINGKUP PERTANIAN SEBAGAI PENINGKATAN EKONOMI BERBASIS KEARIFAN LOKAL ( APBD-P ) TAHUN 2015

ABSTRAK

Lahan paska tambang batu bara terbuka pada umumnya mengalami perubahan karakteristik dari aslinya. Apabila tidak di kelola dengan baik akan menjadi lahan kritis. Kegiatan kajian ini di maksudkan untuk studi manajemen reklamasi tambang dalam pengembangan usaha lingkup pertanian sebagai peningkatan ekonomi berbasis kearipan lokal di kabupaten kutai kartanegara. Tujuan dari kajian penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Mendeskripsikan bentuk_bentuk kearifan lokal masyarakat kutai kartanegara sekitar tambang dalam pengelolaan sumber daya pertanian yang terdapat pada kelompok tani serta menganalisis eksistensi kearipan lokal tersebut dalam pengelolaan sumberdaya pertanian pasca tambang yang di ukur dari aspek pengetahuan, sikap, perilaku petani.
  2. Mengidentifikasi keberlanjutan kehidupan masyarakat lingkar pasca tambang yang hidup dari pengaruh sumber daya dimensi ekologi ( sifat tanah, kualitas air ), dimensi ekonomi ( modal, dana, jalan, bangunan, jaringan air, jaringan listrik, pelabuhan dan pasar ),dimensi sosial budaya ( pendidikan, kesehatan, partisifasi, kekosmopolitan, kondisi perumahan, kelembagaan, adat istiadat, nilai-nilai budaya, persepsi dan konflik sosial ), sebagai aset untuk meningkatkan keberlanjutan kehidupan sosial ekonomi masyarakat di sekitar lahan pasca tambang.

Penelitian ini akan dilakukan di dua kecamatan yaitu Kecamatan Tenggarong Seberang dan Kecamatan Loa Kulu dengan sebagai pembanding hulu dan hilir adalah Kecamatan kota Bangun dan Kecamatan Sanga-sanga, Penelitian dilaksanakan selama 3 ( tiga ) bulan dari bulan Oktober s/d Desember 2015, kajian ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif.