KAJIAN PELAKSANAAN PROGRAM ALOKASI DANA DESA DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA TAHUN 2015

ABSTRAK

Pemberian ADD merupakan wujud dari pemenuhan hak desa untuk menyelenggarakan otonominya agar tumbuh dan berkembang mengikuti pertumbuhan dari desa itu sendiri berdasar keanekaragaman, partisipasi, otonomi asli, demokratisasi dan pemberdayaan masyarakat.

Sudah sejak tahun 2008 kabupaten kutai kartanegara telah mengalokasikan dana untuk desa yang disebut dengan Alokasi Dana Desa (ADD), sebagai analogi dari DAU dari pemerintah pusat kepada daerah yang dipraktekkan oleh Kabupaten Kutai Kartanegara kepada desa, dengan harapan pembangunan semakin merata sampai ketempat desa.

Penelitian ini bertujuan untuk :

  • Mengetahui dan menganalisis tingkat keberhasilan pelaksanaan ADD
  • Mengetahui dan menganalisis permasalahan pelaksanaan ADD
  • Menganalisis efektifivitas pengalokasian, pengelolaan dan penggunaan ADD di kabupaten kutai kartanegara, serta :
  • Menganalisis dampak ADD terhadap ADD terhadap peningkatan prasana umum, penyerapan tenaga kerja serta pemberdayaan masyarakatan dan kelembagaan desa.

Berdasarkan tujuan dari penelitian ini, maka penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, penelitian deskriptif dengan metode survey.

Sampel penelitian ditentukan dengan teknik pengambilan sampel secara bertingkat non acak ( multistage non random sampling)

Penelitian ini dilakukan di 9 kecamatan. Selanjutnya pada setiap kecamatan dipilih 2 desa, yaitu 1 desa yang tergolong segai “Urban Village” yakni desa yang masuk dalam kategori terisolir.

Jenis penelitian deskriptif yang digunakan adalah metode survey.