KAJIAN FAKTOR ANTESEDEN PERFORMA APARATUR PEMERINTAH  KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA MENUJU OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN (WTP)

ABSTRAK

Tujuanpenelitian ini adalah untuk dapat mengetahui dan mengkaji faktor-faktor anteseden performa/kinerja aparatur Pemerintah Kutai Kartanegara dalam membuat laporan keuangan daerah.Keluarannya (output-nya)adalah dokumen hasil kajian tentang faktor anteseden performa aparatur pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara terhadap keterandalan dan ketepatwaktuan (kualitas) Laporan Keuangan Daerah Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian survey.Jenis penelitian adalah deskriptif verifikatif (causal) yang bertujuan untuk memberi gambaran (deskripsi) dari variabel-variabel yang diteliti dan untuk mengetahui hubungan kausalitas antar variabel melalui suatu pengujian hipotesis. Data penelitian adalah data primer yang dikumpulkan dengan  method dan direct survey method.

Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu, yakni pegawai negeri sipil pada SKPD di lingkungan pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara.Populasi dalam penelitian ini adalah bagian akuntansi/penatausahaan keuangan pada SKPD di lingkungan pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara.Penyampelan atas responden dilakukan secara purposive sampling.

Penelitian Kajian Faktor Anteseden Performa Aparatur Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Menuju Opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Wajar Tanpa Pengecualian (Wtp) dilakukan dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, dari 18 kecamatan yang masuk wilayah administrasi Kabupaten Kutai Kartanegara, ditetapkan 10 (sepuluh) kecamatan dan (2) Kecamatan Tambahan sebagai kecamatan sampel. Penelitian dilaksanakan selama empat bulan, terhitung sejak bulan April – Juli 2013. (anteseden) dipengaruhi oleh variable keteladanan pimpinan dan variable infrastruktur.