KAJIAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA


ABSTRAK

Tujuan dan sasaran kajianini adalahuntuk mengetahui derajat kesehatan masyarakat di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, serta memiliki tujuan khusus sebagai berikut : 1) Mengetahui tentang pendidikan kesehatan dan ilmu perilaku, 2) Mengetahui perilaku hidup bersih dan sehat, 3) Mengetahui pelaksanaan administrasi kebijakan kesehatan, 4) Mengetahui epidemislogi, 5) Mengetahui kesehatan dan keselamatan kerja, 6) Mengetahui kondisi gizi keluarga, 7) Mengetahui kesehatan reproduksi remaja, 8) Mengetahui tentang kesehatan lingkungan dan 9) Menyusun rekomendasi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan kalender mulai dari bulan Maret sampai bulan Agustus tahun 2013.Lokasi penelitian ini adalah Kabupaten Kutai Kartanegara namun untuk sampel penelitian pada 12 kecamatan yaitu : 1). Tenggarong Seberang, 2). Loa Kulu, 3). Loa Janan, 4). Anggana, 5). Samboja, 6). Muara Jawa, 7). Sanga-  sanga, 8). Kota Bangun, 9). Muara Kaman, 10). Kenohan, 11). Muara Wis, dan 12). Kembang Janggut.

Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data sekunder dan data primer.Data sekunder diperoleh dari dinas/instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Badan Pusat Statistik, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Puskesmas Pembantu, dan lain-lain. Data yang dikumpulkan berupa data batas dan luas wilayah, kependudukan, dan data-data terkait kesehatan.Data primer diperoleh melalui wawancara menggunakan kuisioner dan observasi/pengamatanlangsung dilapangan.