KAJIAN ANALISIS SEDIMENTASI PADA BEBERAPA SUNGAI DALAM   DAS MAHAKAM DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan : a) Mengetahui sejauh mana tingkat terjadinya pencemaran di lingkungan  sekitar perairan Sungai Mahakam. b) Mengetahui sejauh mana tingkat kesuburan tanah  di sekitar Daerah Aliran Sungai Mahakam. c) Mengetahui  tingkat  sedimentasi yang terjadi  secara terus menerus yang berdampak pada menurunnya daya dukung sumberdaya perikanan di perairan Sungai Mahakam.

Penelitian ini  dilakukan dengan cara pengambilan sampel air dan sedimen sungai di kedua kecamatan, yaitu Tenggarong dan Loa Kulu.  Pengambilan dilakukan di dekat mesjid Besar Kota Tenggarong, di Loa Kulu dan di Muara Sungai Jembayan.  Kemudian dianalisis di laboratorium kualitas air sungai dan sedimen sungai. Selain itu juga melakukan pengambilan data sekunder yang diperoleh dari sumber data sebelumnya seperti halnya data: BPS, data BAPPEDA, data Dinas Kelautan dan Perikanan, serta data pendukung lainnya yang tersedia di kecamatan yang bersangkutan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualitas Sungai Tenggarong tercemar sedang dengan hasil tingkat pecemaran sebesar -20,85, Sungai Mahakam tercemar ringan dengan hasil tingkat pecemaran sebesar -9,89 dan Sungai jembayan tercemar sedang dengan hasil tingkat pecemaran sebesar -25,79. Kesuburan tanah di DAS Tenggarong pH 6,45 (netral), KTK 11,21 m/100gr (rendah), kejenuhan basa 90,33(sangat tinggi), kejenuhan aluminium 3,72 (sangat rendah), kandungan nitrogen fosfor dan kalium 0,10 % (sangat rendah). Kesuburan tanah di DAS Mahakam pH 7,09 (netral), KTK 6,25 m/100gr (rendah), kejenuhan basa 93,33(sangat tinggi), kejenuhan aluminium 0 (sangat rendah), kandungan nitrogen fosfor dan kalium 0,15 % (rendah). Kesuburan tanah di DAS Jembayan pH 7,29 (netral), KTK 12,20 m/100gr (rendah), kejenuhan basa 97,27 (sangat tinggi), kejenuhan aluminium 0 (sangat rendah), kandungan nitrogen fosfor dan kalium 0,08 % (sangat rendah).  Sedangkan beban sedimentasi Sungai Tenggarong sebanyak 13,17 ton/hari, Sungai mahakam 89,90 ton/hari dan sungai jambayan 174,58 ton/hari.