KAJIAN PENYUSUNAN DOKUMEN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK

Kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan pemerintah perlu untuk terus diukur dan dibandingkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah adalah dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat. Permen PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

Maksud dan tujuan dari Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai tolak ukur keberhasilan pelayanan dan dapat digunakan sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan instansi. Data yang dikumpulkan dalam kegiatan ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Pengumpulan data di lapangan dengan melakukan survei kepada pelanggan dengan jumlah responden adalah 150 responden. Kegiatan pengumpulan data telah dilaksanakan pada bulan Maret – April 2017, Hasil survei dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan sampel diambil secara acak dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kuesioner yang telah terisi kemudian dikumpulkan dan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi excel. Proses dan analisis data sesuai dengan petunjuk dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik, sehingga terstandarisasi secara nasional.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara berada di rentang skor 2.51 – 3.25 yang menunjukkan berada dalam kategori baik. Tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan publik pada lima sektor layanan utama berada dalam kategori baik, dengan urutan tingkat kepuasan tertinggi hingga terendah berturut-turut yaitu pada sektor kesehatan (3.04), kependudukan dan catatan sipil (3.03), pendidikan (2.96), pertanian (2.93) dan perkebunan (2.90).  Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mempunyai skor rata-rata 2.97 yang menunjukkan berada dalam kategori baik.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka rekomendasi untuk Kajian Penyusunan Dokumen Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Kutai Kartanegara adalah sebagai berikut :

  1. Langkah strategis yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kompetensi petugas seluruh layanan terutama di Kecamatan dengan skor kepuasan masyarakat terendah, antara lain dengan cara memberikan bimbingan teknis, mengikutsertakan para petugas layanan dalam pelatihan / kursus singkat, dan melakukan monitoring dan evaluasi kerja yang dilakukan oleh atasan langsung atau pihak yang terkait.
  2. Untuk memperbaiki kinerja layanan sektor perkebunan maka perlu dilakukan penguatan kebijakan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Adapun langkah kongritnya adalah dengan memformulasi Peraturan Bupati pada sektor perkebunan yang beorientasi pada hasil produksi dan SDM perkebunan untuk mencapai hasil yang lebih bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.
  3. Inovasi dalam proses pelayanan publik yang dimaksud pada saran nomor 3 dimaksudkan untuk memperbaiki indikator waktu layanan. Adapun inovasi yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara adalah dengan memberikan instruksi kepada seluruh OPD dan Kecamatan untuk menambah loket-loket layanan agar proses pelayanan dapat dilakukan lebih cepat.