Sosialisasi SPIP

Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Pendampingan Manajemen Risiko (Identifikasi dan Analisis Risiko)

Sosialisasi SPIP

Sosialisasi SPIP

Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Pendampingan Manajemen Risiko (Identifikasi dan Analisis Risiko) yang dilaksanakan tanggal 25 September 2018 di ruang rapat Balitbangda.

Undang – undang di bidang keuangan negara membawa implikasi perlunya sistem pengelolaan keuangan negara yang lebih akuntabel dan transparan. Hal tersebut baru dapat dicapai jika seluruh tingkat pimpinan menyelenggarakan kegiatan pengendalian atas keseluruhan kegiatan di instansi masing-masing.

Sosialisasi SPIP

Sosialisasi SPIP

Perkembangan pengendalian intern di Indonesia selanjutnya ditandai dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Untuk melaksanakan SPIP secara operasional ditingkat Kabupaten Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah menyusun Peraturan Bupati Nomor 7 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan SPIP diharapkan akan meningkatkan efektivitas pengendalian dalam membantu tercapainya tujuan dengan mengenali risiko yang dihadapi dalam pencapaian tujuan tiap kegiatan di perangkat daerah dan dapat membuat tiap kegiatan memiliki :

  1. Keputusan yang lebih efektif
  2. Efektivitas dalam pelaksanaan program-program atau kegiatan
  3. Efektivitas pengalokasian dan penggunaan sumber daya
  4. Standar yang tinggi dalam pelayanan
  5. Standar yang tinggi dalam akuntabilitas
  6. Kreativitas dan inovasi dalam praktik manajemen
  7. Peningkatan kapasitas
  8. Peningkatan moral organisasi, dan
  9. Transparansi

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Badan, Kepala Bidang, Kepala Sub Bidang, Kepala Sub Bagian dan PPTK di Lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara dengan narasumber E. M. Riduan Thalha, SE. ( Aparatur Pengawas Intern Pemerintah) dari Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *